Kamis, 10 November 2011

TRICK MEMOTONG BAD SECTOR

Sebelum melakukan pemotongan hardisk, kita harus menggunakan software yang dapat menghapus bad sector ringan pada hardisk. Caranya dapat kita gunakan software DOS Scandisk atau Maxllf.

Jika hal ini tidak berhasil menghilangkan bad sektor maka kita akan melangkah ke pemotongan bad sektor yang rusak. Sebelum itu kita harus menyiapkan software yang harus digunakan dalam kegiatan ini diantaranya adalah :

1.Disk Manager (E:\quantum> dm /x)
Berfungsi untuk melakukan partisi dan memotong bagian harddisk yang mengalami bad sector

2.Maxllf
Berfungsi untuk melakukan low level format bila hardisk mengalami kerusakan pada sistem

3.Partition Magic (pqmagic)
Berfungsi menyatukan hardisk-hardisk yang telah terpotong

4.DOS Scandisk
Melakukan deteksi pada harddisk dan mengetahui letak kerusakan hardisk

Prosedur Pemotongan :
1.Kita misalkan kita memiliki sebuah harddisk yang akan kita potong bad sectornya. Untuk mengetahui pada cylinder berapakah bad sector terjadi maka kita harus menggunakan perintah berikut ini :
a.Dengan DOS Scandisk : C:\surface\autofix. Dengan perintah ini, komputer menampilkan status dan letak bad sector pada harddisk.

b.Dengan Maxllf kita dapat melakukan Low Level Format. Software akan menampilkan bad sector yang tidak dapat diperbaiki sehingga harus kita potong.


2.Kita Misalkan Hardisk yang akan kita potong memiliki 943 cylinder, dan bad sector berada pada bagian tengah hardisk yaitu pada cylinder 301 sampai 302. Seingga dari data tersebut dapat kita petakan keadaan cylinder hardisk kita seperti gambar di bawah ini :



3.Dari bentuk peta cylinder di atas, kita akan melakukan partisi dengan menggunakan software Disk Manager dengan cara sebagai berikut
a.Dari menu utama Disk Manager, tekan Alt+M untuk masuk ke menu partisi secara manual.
b.Dengan menggunakan partisi manual, kita buat partisi sebagai berikut :


c.Setelah itu kita delete partisi Logical 1 yang mengandung bad sector


4.Dengan menggunakan PQMAGIC kita dapat menyatukan kembali hardisk setelah dipotong tadi sehingga dianggap hilang oleh hardisk.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar